Lingkar

Setiap mengunjungi toko buku hanya ada satu impian yang nempel di kepala: suatu saat harus ada buku dengan nama saya dijual di sana. Impian itu sudah terwujud setengah. Iya, baru setengah.

Semuanya bermula dari obrolan ringan yang diberat-beratin bersama Kiki dan Imel di Antipodean Cilandak Town Square Jakarta Selatan. Di antara capuccino, teh mint dan banana cake, kami bertiga mengembangkan ide yang muncul di kepala Kiki. Di malam itulah embrio Lingkar lahir. Berikut beberapa karakter dan ide desain sampul.

Brainstorming berlanjut di Whatsapp. Bertukar dan berbeda pendapat tak bisa dihindarkan lagi tapi melalui aplikasi temuan Brian Acton dan Jon Koum inilah sebagian besar ide diolah. Disipkan bumbunya. Lalu siap dimasak.

Pada suatu malam di Perumahan Bona Indah nan asri saya ingkar janji. Saya berjanji mau membantu Kiki menulis tapi saya justru tiduran dan menjawab sekenanya apabila dia bertanya dan minta pendapat. Tapi dia tak marah. Dia orang baik.

Ingkar janji kedua saya terjadi ketika saya disuruh membaca draft akhir novel ini tapi sampai sekarang hal itu tak pernah terjadi. Berkasnya masih tersimpan di laptop saya. satu dua kali saya baca tapi tak pernah selesai. Lagi-lagi Kiki tidak marah. Dia orang baik.

Meskipun sedikit kecewa karena sampulnya berubah warna tapi akhirnya Lingkar lahir ke dunia nyata. Menjelma menjadi buku yang siap dilahap pembaca dan diterkam kritikus.

Novel 184 halaman ini akan mengenalkan Anda pada Janna, Astari, Irfan, Patra, Sekar, dan Panjul. Bagaimana sebuah peristiwa bisa mengubah jalan hidup mereka masing-masing. Bagaimana takdir membawa mereka mendapatkan intisari kehidupan.

Ada nama saya di novel itu. Memang bukan di sampul sebagai penulis karena itu menjadi hak Kiki Raihan sepenuhnya yang mempunyai ide dan sudah meluangkan banyak waktu untuk menulis di antara kesibukan mengajar generasi penerus bangsa ini. Nama saya ada di bagian “terima kasih”. Terima kasih juga, Kiki meskipun kontribusi saya kurang maksimal. Maafkan.

Seperti juga keenam tokoh di Lingkar, saya juga ingin peristiwa dan pengalaman menemani menulis buku ini akan mengubah hidup saya. Siapa tahu nanti giliran nama saya yang ada di sampul buku. Amin.

Terakhir tapi yang paling penting: Dapatkan Novel Lingkar karya Kiki Raihan di toko buku terdekat di kota Anda.
IMG_0092

Leave a Reply